Masyarakat Adat Mentawai dan Tatto Tradisionalnya ( TI'ti )

Sikerei dan Rumah adat (sumber foto: dedi sakatsila)

Kepulauan Mentawai berada di wilayah Sumatera Barat Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil, letak pulau-pulau itu berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. pulau Siberut merupakan salah satu pulau besar dan asal suku Mentawai. Menurut sejarah orang Mentawai bermula dari pulau Siberut dan bermigrasi ke pulau-pulau lain dengan berbagai alasan. Kehidupan masyarakat dipenuhi dengan alam,hutan,laut,dan segala isinya, serta orang-orang Mentawai sebagai lingkungan sosial dan budaya terutama masyarakat adat suku Mentawai.

Masyarakat adat Mentawai berada di pedalaman pulau Siberut di wilayah Buttui, perjalanan menjumpai masyarakat adat ditempuh melalui sampan dan mesin pompong menyusuri sungai Sarereiket selama kurang lebih 5 jam. Masyarakat adat Mentawai di Buttui menjalani kehidupan dengan mengikuti kebiasaan adat istiadat dari para leluhur sebagai warisan luhur budaya yang melengkapi keberagaman budaya di Indonesia. masyarakat suku adat Mentawai tinggal dalam satu UMA dalam bahasa indonesia rumah, dengan arsitektur kayu sebagai tiang. Uma menjadi rumah adat suku asli Mentawai yang dilengkapi dengan tengkorak hasil berburu dan motif gambar binatang maupun simbol alam sebagai ornamen yang mengihiasi uma menjadi ciri khas uma Mentawai.

Umumnya masyarakat adat Mentawai memiliki tato tradisional yang dimana cara pembuatannya juga sangat tradisional dan memiliki bentuk tato yang berbeda-beda dan arti yang berbeda pula. Selain itu masyarakat adat Mentawai memiliki gigi runcing yang menjadi daya tarik bagi budayawan dan wisatawan datang berkunjung karna keunikan arsitektur uma dan motif tato tradisonal mentawai. namun, bila masyarakat umum tidak berbuat apa-apa maka keunikan arsitektur uma dan motif tato tradisional lamban laun akan jadi cerita. Suku asli Mentawai, yang masih mempertahan kan adat istiadat semakin sedikit bahkan keberadaan uma semakin sedikit ditemukan akibat pengaruh migrasi sosial melalui agama,pendidikn dan sistem pemerintahan ini merupakan hal yang umum yang terjadi dihampir stiap suku bangsa diberbagai belahan bumi tidak terkecuali Kepulauan Mentawai.

 

TI’TI: SIMBOL IDENTITAS SUKU MENTAWAI

Mentawai merupakan salah satu Suku tertua di Indonesia yang memiliki kebudayaan yang sangat unik dan eksotik. Salah satu tradisi unik yang dimiliki oleh Suku Mentawai adalah Ti’ti (tato) Tradisional. Tato Mentawai dibuat secara tradisional dengan metode handtapping menggunakan tinta yang terbuat dari arang dan air tebu. Suku Mentawai pada umumnya bertato sebagai symbol identitas yang menunjukkan jati diri, hubungan dengan uma (rumah adat), dan dengan ulaumanua (penguasa alam).